Duel Asus A456UR VS Lenovo Ideapad 310 : Laptop Multimedia dengan Intel Core i5 7th Gen Kaby-Lake



Desain dan Build Quality

Lenovo masih menjadi leader di beberapa negara termasuk Indonesia khususnya untuk pasar laptop budget consumer. Cita rasa laptop bisnis khas thinkpad yang tampil maskulin, sudah banyak di 'sesuaikan' agar lebih terjangkau. Menjadikan produk laptop Lenovo diyakini memiliki durabilitas setara dengan produk-produk Thinkpad, yang sebelumnya menggunaan nama besar IBM. Termasuk yang akan kita review kali ini yaitu Lenovo IdeaPad 310.

Sedangkan Asus A series, termasuk A456UR yang menjadi lawan langsung 310 kali ini, menawarkan konsep desain clamshell (kerang) khas Asus yang sudah sangat populer. Menurut saya loh, desain-nya lebih stylish dianding 310. Tapi itu objektif, yang jelas, untuk build quality, Lenovo sedikit lebih baik karena materialnya lebih tebal. Keduanya memaksimalkan material plastik untuk casing dengan finishing yang berbeda. Asus tampil lebih elegan di LCD cover dengan tekstur serat almunium yang dilapis pernish mengkilat yang menjadikannya silky. Sedangkan Lenovo, tampil lebih low-profile, plane tanpa tekstur dengan finishing cenderung kasar atau doff.



Masuk ke bagian dalam, bingkai LCD Lenovo IdeaPad 310 tampil lebih slim. Ini membuat screen to body ratio-nya lebih baik dari Asus A456UR. Keduanya sama-sama membekal webcam dengan resolusi 480p. Turun ke workstation. walau sama-sama menggunakan konsep chicklet, desain tuts keyboard sangat berbeda. Asus memprioritaskan ukuran tuts (keycaps) besar untuk kenyamanan pengguna yang memiliki jari-jari besar sekalipun. Sedangkan Lenovo, mengutamakan kepresisian dengan desain tuts sedikit cekung plus fitur accutype-nya. Untuk touchpad, Asus menawarkan dimensi touchpad yang lebih luas serta fungsi multi-gesture yang menurut saya, paling baik saat ini untuk kelas laptop menengah bawah. Namun dua tombol klik pada touchpad 310 lebih senyap saat di tekan.

Pindah ke bagian bottom cover, keduanya sama-sama memberikan akses ke komponen. Tapi Lenovo lebih baik sebab tanpa membuka keseluruhan bottom cover, pengguna bisa mengakses HDD dan wifi card. Sedang Asus, pengguna hanya bisa mengakses slot RAM. Untuk battery, keduanya tidak menawarkan opsi detachable, jadi haru membuka bottom cover keseluruhan. Untuk lubang exhaust, Lenovo juga sedikit lebih murah hati. Tapi konsekwensinya, debit kotoran yang masuk juga relatif lebih banyak. Untuk rubber foot, milik Lenovo lebih jenjang hingga memungkinkan udara yang menyelinap lebih banyak. Walau sama-sama menggunakan plastik, untuk build quality dan finishing bagian bottom cover ini, lenovo sedikit lebih baik dengan tekstur yang lebih kasar untuk menambah grip saat dibawa-bawa.

Perbandingan Spesifikasi dan Harga Asus A456UR VS Lenovo IdeaPad 310

Dimensi dan Berat
Menggunakan dimensi barebone yang sama yakni 14-inch, kedua laptop ini terlihat tidak berbeda signifikan. Lenovo IdeaPad 310 hadir dengan dimensi panjang 379 x 260, serta ketebalan 23 mm. Sedangkan dimensi Asus A456UR adalah 348 x 253 x 25.3 mm. Nampak sekali Asus sedikit lebih compact untuk panjang dan lebarnya, namun Lenovo tampil lebih slim walau 100gram lebih berat (2,2 vs 2,1 KG).

Upgrade Option
Baik Asus maupun Lenovo hanya menawarkan 1 slot RAM. 1 slot 2,5-inch SATA tanpa opsi penambah storage lain kecuali mengamputasi ODD dan memasang HDD Caddy. Sedikit catatan, intel core i5 7200U hanya mendukung DDR4 maksimal pc2133MHz. Jadi untuk anda yang ingin menambah RAM, pastikan membeli RAM DDR pc2133MHz, bukan pc2400MHz apalagi yang lebih tinggi. Sebab maintenence door Lenovo lebih modular, untuk nilai upgrade option ini tentu Lenovo sedikit lebih unggul.

Port dan Konektifitas


Untuk port serta konektifitas yang tersedia secara default, nampaknya kedua produk ini bisa dikatakan seimbang. Memang ada perbedaan pada pemilihan port, dimana Asus sudah menawarkan USB 3.1 type C namun mengorbankan salah satu port USB 3.0 type A-nya. Ini benefit yang belum semua pihak bisa merasakan saat ini. Sedang Lenovo masih setia dengan jenis port USB lama (2x USB 3.0 + 1x USB 2.0). Yang mungkin menjadi sedikit catatan adalah, Lenovo masih setia menggunakan Tip propriety khas Lenovo berbentuk persegi yang menurut saya, agak merepotkan saat mencari adaptor alternatif. Sedang untuk konektifitas, adapter WiFi yang ada pada Lenovo IdeaPad 310 ini sudah menawarkan versi a/c. Sedangkan Asus hanya menawarkan versi b/g/n.



Yang sudah baik mungkin desain exhaust kedua laptop ini, walaupun masih menggunakan single cooling fan, Keduanya sudah sama-sama membuang udara panas ke bagian belakang. Tapi untuk Lenovo, dengan mesh-hole yang lebih banyak, tentu debit udara segar yang bisa dihisap lebih banyak. Juga udara panas yang terjebak, bisa lebih cepat menemukan jalan keluar. Tapi efek negatifnya, tentu debu yang lolos kedalam akan lebih banyak.

Performa Intel Core i5 7200U

Di sisi Processor, keduanya sama-sama telah mendapat refresh ke generasi Intel core i5 generasi 7 Kaby-Lake, tepatnya Intel core i5 7200U. Processor ini memiliki base frequency 2,5GHz dan turbo frequency 3,1GHz. Ini artinya 200MHz lebih tinggi dari pendahulunya base clock i5 6200U dan 300MHz lebih tinggi untuk turbo clock-nya. Hal ini membuktikan bahwa Intel sejatinya mampu membuat CPU buatan mereka berlari sedikit lebih kencang dengan daya yang sama. Benefitnya, proses eksekusi khususnya aplikasi yang tidak mendukung pemprosesan multi-core, jadi lebih cepat.

Entah gosip yang beredar benar atau tidak, untuk Lenovo IdeaPad 310s versi garansi resmi, malah tidak menawarkan panel 1080p. Padahal poin ini yang paling membedakan dari sisi spesifikasi.   dengan pane

Nvidia Geforce 930MX vs Geforce 920MX (2GB GDDR3)

Silakan lihat ilustrasi di atas untuk cara paling gampangnya, menggambarkan dimana posisi Nvidia Geforce 930MX GDDR3 ini.

Chip grafis ini secara general setara atau bahkan lebih unggul di beberapa skenario, dibanding pendahulunya Nvidia Geforce GT940M yang ada pada Asus K401L contohnya. Seandainya yang dipakai adalah 930MX versi GDDR5, bisa dipastikan ia akan setara dengan Geforce GT745M yang notabene menawarkan Bandwith memory 128-bit.

Memang, Geforce 930MX versi GDDR3 ini paling cocok untuk laptop dengan resolusi layar HD (720p), dan akan terlihat sangat memaksa jika di sandingkan dengan Layar FHD, seperti yang ditawarkan Lenovo IdeaPad 310 versi distributor.

Entah gosip yang beredar benar atau tidak, untuk Lenovo IdeaPad 310 versi garansi resmi, malah tidak menawarkan panel 1080p. Padahal poin ini yang paling membedakan dari sisi spesifikasi.

To be continue ..

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gan, kalo dibandingkan dengan Asus A456UQ, apa materialnya sama ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts