Mengenal Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Tuntas Mengatasinya



Pasti di antara kalian suka bingung bagaimana cara mengatasi virus virus yang ada pada komputer kamu. Kali ini saya akan membahas jenis jenis virus komputer dan cara mengatasinya.




Direct Action Virus



Jenis Jenis Virus Komputer Direct Action VirusYang pertama kita bahas yaitu direct Action Virus. Virus jenis ini adalah virus komputer yang mampu menginfeksi jenis file Bat Autoxec yang terletak pada direktori hard disk. Virus jenis ini biasanya aktif saat system operasi pertama kali melakukan booting. Virus ini juga mampu menginfeksi perangkat penyimpanan eksternal seperti hard disk eksternal dan flashdisk. Yang mana digunakan juga oleh virus jenis ini untuk menyebarkan diri dari komputer satu ke komputer yang lain. Cara mengatasi virus ini cukuplah mudah. Diantaranya yaitu, melakukan scanning secara teratur menggunakan antivirus dan tidak sembarangan memasukkan flasdisk agar virus tidak menyebar.

Baca juga : Windows God Mode - Cara Mudah Tweaking dan Konfigurasi Windows

Overwrite virus



Jenis Jenis Virus Komputer Overwrite VirusJenis Jenis Virus Komputer berikutnya adalah overwrite virus. Virus ini sedikit licik dikarenakan virus ini mampu menghapus file atau data yang sudah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas hard disk komputer. Jadi, pada dasarnya file yang terinfeksi tersebut akan hilang, tetapi kapasitas hard disk akan tetap normal, seolah-olah file tersebut masih ada di dalam direktori. Tentu hal ini akan membuat kamu tidak merasa curiga kalau ada file yang terhapus di komputer kamu. Cara mengatasi virus yang satu ini adalah dengan menghapus file yang sudah terinfeksi virus ini agar tidak menyebar ke file yang lainnya.

Directory Virus



Jenis Jenis Virus Komputer Directory VirusVirus jenis ini adalah virus yang agak berbahaya dibanding Jenis Jenis Virus Komputer lain. Dikarenakan virus ini adalah virus yang menginfeksi file yang berekstensi .exe. Jika kamu pernah menjalankan sebuah file .exe di komputer kamu, dan dalam seketika, file .exe tersebut hilang atau error tanpa alasan jelas, Nah, itulah efek dari virus jenis ini. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka virus jenis ini bisa merusak semua file .exe yang ada di komputer kamu. Sayangnya, antivirus saja tidak cukup untuk mengatasi virus jenis ini. Mau tidak mau jalan yang terbaik adalah dengan menginstal ulang system operasinya.

Trojan



Jenis Jenis Virus Komputer TrojanBerikutnya, Jenis Jenis Virus Komputer yang sering ditemui adalah virus jenis Trojan. Trojan merupakan jenis virus komputer yang memiliki kemampuan untuk mengontrol atau mencuri data-data yang ada pada sebuah perangkat komputer. Virus jenis Trojan ini biasanya muncul melalui internet dan juga email yang diterima oleh user. Untuk mengatasi virus jenis ini, umumnya menggunakan software Trojan Remover. Namun terkadang, Trojan Remover yang satu, belum tentu bisa digunakan untuk menghilangkan Trojan jenis lainnya.

Baca juga : Tips : Aktifkan website Desktop version pada Smartphone (Disable Mobile Version)

Worm



Jenis Jenis Virus Komputer WormJenis virus terakhir dalam artikel Jenis Jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya kali ini adalah virus jenis worm. Virus worm ini merupakan virus yang cukup berbahaya karena mampu berkembang biak dengan sangat cepat. Jika virus jenis ini dibiarkan saja pada sebuah perangkat komputer, maka kapasitas hard disk komputer tersebut akan penuh oleh file-file sampah. Cara mengatasinya sangatlah mudah, yakni dengan melakukan scanning menggunakan AntiVirus seperti Avira, AVG, dan Sejenisnya secara berkala.

Comments

Popular Posts