Review Asus FX553VD - Laptop dengan Geforce GTX 1050 Paling Terjangkau dari Asus



Melihat dari tagline yang digadangnya yakni Power and Style On The Go, Asus FX553VD ini tetap belum di bait sebagai sebuah device gaming oleh Asus. Sekalipun ia sudah dibekali dua komponen utama yang umumnya digunakan vendor lain untuk membait produk mereka sebagai device gaming. Asus FX550VD awalnya saya kira merupakan refresh untuk line-up X550 series yang sebelumnya menawarkan performa Geforce GTX 950M. Tapi ternyata, kenyataannya berbeda dari yang saya perkirakan.




Spesifikasi dan Harga ASUS FX553VD DM001

Display : 15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 72% NTSC with 178˚ wide-viewing angle display
Processor : Intel® Core™ i7-7700HQ Processor 2.6 GHz (6M Cache, up to 3.5 GHz)
Memory : 8GB DDR4 RAM
Hard Drive : 1TB HDD 7200 RPM
Graphics : NVIDIA GeForce GTX 1050 2GB GDDR5 VRAM
Optical Drive : 8 x DVD Super Multi-Dual
Operating System : non OS
Camera : HD Web Camera
Networking : Wi-Fi
   Integrated 802.11b/g/n
Slots/Interface :
                   1 x USB 3.1 TYPE C port(s)
                   2 x USB 3.0 port(s)
                   1 x USB 2.0 port(s)
                   1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
                   1 x HDMI
Battery : 4 Cells 48 Whrs Battery
Power Adapter : Plug Type :ΓΈ5.5 (mm)
                        Output :
                        19 V DC, 6.32 A, 120 W
System Dimensions : 383 x 255 x 30 mm (WxDxH)
Weight : 2.5 kg
Warranty : 2 Year Asus Warranty
Bonus : ROG Backpack

Dua komponen utama yang saya maksud di atas adalah Intel core i7 7700HQ dan Nvidia Geforce GTX 1050 2GB GDDR5.  Dengan processor berarsitektur Intel Kaby Lake dan Nvidia Pascal terbaru ini, Asus FX550VD diprediksi punya performa Gaming yang bisa di andalkan. Jika anda lihat posisi performa Geforce GTX 1050, seperti di jelaskan di video ini, performanya ada di antara Geforce GTX 960M dan Geforce GTX 970M. Dengan fakta tersebut, ia dipastikan mampu memberikan pengalaman gaming 1080p di banyak judul game triple-A. Adapun spesifikasi lain seperti RAM, storage dan Layar untungnya sudah diperbaiki.

Anda akan temukan dua slot RAM, HDD dengan speed 7200rpm dan layar dengan resolusi 1080p yang tidak ditawarkan Asus X550VX. Kecuali kapasitas battery sebesar 44Whr yang masih sama sama dengan Asus X550VX, bahkan seri ROG GL.

Desain, Handling, dan Build Quality



Yang membuat perkiraan saya salah adalah, saat meneliti dari struktur barebone-nya. Asus FX553VD ini ternyata menggunakan basis chassis yang sama dengan Asus ROG Strix GL553VW. Hanya dengan warna dan finishing berbeda pada seluruh permukaan chassis. Pada LCD cover bagian depan, desainnya benar-benar baru, tidak polos seperti X series, tidak membentuk setengah trapesium seperti GL552 series, apalagi mendapat logo ROG dan hiasan vertikal line seperti ROG Strix. Keseluruhan juga menggunakan bahan plastik seperti X series. Juga di bagian workstation hingga botoom cover, semuanya plastik. Anda juga masih akan mendapatkan cover LCD berongga yang "mleyot" saat di tekan. Untungnya, kekuatan engsel sudah cukup solid.


Terkait workstation, jika diperhatikan, desainnya mendapat sentuhan ROG strix dengan hadirnya rajah garis menyiku di kiri kanan. Keyboard juga menggunakan papan keyboard yang sama dengan ROG Strix GL553VW, hanya berbeda pada lining di TUTs WASD yang pada Asus FX553VD ini diberi warna putih. Dimensi dan bobot juga sama, termasuk bagian bottom cover yang punya tekstur sand doff untuk meningkatkan grip saat di pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Port, Konektifitas dan Upgrade Option




Untuk jajaran port dan konektifitas, Asus FX553VD ini saya bilang pas-pas an banget. Tak ada USB 3.1 type C apalagi Mini DisplayPort. Yang juga terlihat sedikit mengganggu adalah bagian dalam port USB 3.1-nya tidak dibedakan dengan warna biru layaknya standar laptop lain, Melainkan dibiarkan hitam. Jika tidak memperhatikan logo yang di rajah pada ujung atas port, sama sekali tidak mempresentasikan ia memiliki koneksi USB 3.0. DI sisi depan, SD Card reader di pindahkan ke tengah persis di bawah LED indikator dan touchpad. Sebab bagian pinggir kiri kanan di gunakan sebagai lubang keluar speaker. Untuk koneksi wireless, anda juga harus puas dengan WiFi b/g/n plus bluetooth 4.0.

Nah menyambung hal terkait spesifikasi, untuk poin upgrade option, Asus FX553VD juga mendapat benefit yang sama dengan ROG GL553VW. Dua slot RAM nya bisa anda maksimalkan hingga 32GB. Sedangkan slot M.2 yang masih kosong, bisa anda pasangakan SSD M.2 ukuran 2280. Ingat, 2280 only. Untuk dukungan PCIe atau belum, kemungkinan besar, slot M.2 pada Asus FX553VD ini sudah mendukung SSD PCIe. Keren lah untuk urusan upgrade option.

Performa dan Temperatur

Data kongkrit pengujian langsung memang belum saya dapatkan. Tapi melihat spesifikasi dan struktur barebone yang mirip sekali dengan Asus ROG GL553VD yang video reviewnya akan segera di rilis pemmzchannel, bisa dipastikan performa dan temperatur kerjanya sama persis. So, tunggu video review Asus ROG GL553VD by pemmzchannel beberapa hari kedepan.

Kesimpulan

Sudah bisa di pastikan, Asus FX553VD adalah solusi terjangkau untuk anda yang tak terlalu perduli dengan tidak hadirnya logo ROG. Spesifikasi dan performa sama, hanya saja dengan material yang sudah di sesuaikan. Jadi, untuk anda yang sedang mencari solusi laptop dan perduli tentang cost effective, asus FX553VD ini jawabannya.

Comments

Popular Posts