Mengenal Kategori Laptop Asus Lewat Kategori Produk - Perbedaan Laptop Asus Seri A/X/K/U/F/N/G (Bagian 1)



Asus adalah salah satu produsen laptop yang paling sering merilis produk baru dalam berbagai kategori. Setiap kategori pastinya mewakili kebutuhan dan target pengguna yang berbeda beda. Nah, untuk beberapa kategori, orang mungkin bisa langsung menebak sisi keunggulan lewat spesifikasi dan design. Tapi untuk beberapa seri yang menggunakan spesifikasi yang sama, seringkali membuat calon pengguna bingung. Berikut pemmzchannel jabarkan perbedaan dari kategori laptop Asus. Semoga bermanfaat.


Asus X-series




X series adalah sub-kategori yang sebenarnya menggunakan konsep desain dan fitur yang hapir sama dengan seri A atau K. Hanya saja, X series umumnya dibekali spesifikasi hasil penyesuaian untuk menyasar pengguna yang lebih mengorientasikan budget. Dan dulunya, hanya menawarkan performa komputasi untuk aplikasi pengolah dokumen (office), browsing, multimedia ringan hingga sedang juga gaming ringan. Menawarkan pilihan layar TN tipe glare 14-inch, 15-inch hingga 17-inch beresolusi HD. Namun untuk pilihan 17-inch amat sangat jarang. Kualitas layar dan audio cukup baik. Untuk audio umumnya dibekali speaker standar tapi sudah dibekali audio enhancer. Sangat minim opsi upgrade komponen terutama keluaran 2015 keatas.

Nah belakangan ini, hadir X series dengan spesifikasi gaming seperti Asus X550JX misalnya. Tapi jika memahami konsep seperti di uraikan di paragraf sebelumnya, X series premium ini tetap hasil pemangkasan. Hanya saja bukan dari pemangkasan A atau K series, melainkan G series. Ada juga X series yang menawarkan solusi dari AMD yang sebelumnya di tawarkan K series tertentu. Secara garis besar, pengelompokan X, A dan K series bisa dikenali lewat angka ke-tiga dan huruf di belakang angka tiap-tiap SKU. Untuk kategori ini umumnya di banderol 3 juta hingga 5 juta.

Asus A-series & K-series




Dahulunya, kategori ini juga merupakan notebook atau laptop budget dari Asus. Entah apa alasannya, A dan K series seperti naik kelas dengan pembatasan pada spesifikasi menengah atas,  tapi tetap dalam domain laptop mainstream Asus. Nah, ada beberapa seri pada kategori ini yang pemmzchannel masukan sebagai kelas premiumnya. Seperti A atau K series dengan akhiran huruf L. Tambahan material almunium pada bagian front cover dan opsi SSD upgrade - lah menjadikannya tampil lebih premium. Untuk kategori ini umumnya di banderol 6 juta hingga 8 juta rupiah.

Asus B-series & P-series



Notebook atau laptop kelas bisnis dari Asus yang menawarkan material solid dan tambahan fitur keamanan untuk yang conern akan data. Harga sudah pasti di atas A dan K-series, bahkan ada beberapa seri yang di tawarkan dengan harga lebih mahal dari seri ROG. Tapi build quality yang dijamin hingga drop test, menjadikan laptop seri ini tangguh hampir di segala medan dan layak menyandang nama Pro. Harga termurah untuk seri B atau P ini sekitar 6,7 juta rupiah. Itupun anda baru mendapatkan seri dengan processor low-end intel

Asus N-series



Seri multimedia sesungguhnya dari Asus dengan tawaran Audio visual kelas atas. Mulai dari material premium untuk mendukung penampilan, hingga ekstra sub-woofer eksternal untuk mendukung output audio system. Spesifikasi yang ditawarkan juga masuk kelas menengah atas seperti dedicated Geforce GTX atau AMD Radeon versi mobile tertinggi. Untuk versi yang beredar di Indonesia, N-Series hanya keluar dalam pilihan CPU high-end Intel core i7 dan AMD FX. Tentu tujuannya adalah memberi ruang gerak bagi seri multimedia standar mereka seperti A series. Asus N-Series sejatinya juga capable untuk di ajak bermain game. Apalagi di dukung oleh material casing yang sudah menggunakan logam almunium.


Comments

Post a Comment

Popular Posts