Modul Memory Notebook 16GB Akhirnya Diperkenalkan


Notebook-notebook ultraslim seri terbaru yang sudah membekal Intel Broadwell seperti Lenovo X250 atau X450, hanya dibekali 1 slot memory saja. Hal ini membuat mereka menderita karena limitasi memory upgrade.





Sebuah perusahaan pembuat modul memory, Intelegent memory, akhirnya menemukan cara bagaimana membuat sebuah slot memory notebook (unbuffered, non-ECC) mengenali sekeping Memory Kapasitas 16GB. IM menggunakan trik NAND flash yang memasukan sebuah chip berkapasitas 4Gbit dalam penampang 30nm. Dengan begitu IM mendapatkan sebuah chip 8Gbit. Dengan 16 buah chip, didapatkanlah sekeping Memory Kapasitas 16GB. Walau hal ini terdengar remeh, namun kenyataannya tak semudah itu. Karena kecepatan sebuah DRAM bergantung pada banyak hal, misalkan terjadi perbedaan latency saja pada salah satu chipnya, bisa mengakibatkan kerja memory terganggu.

Sayangnya, tak semua notebook kompatibel. Menurut IM, beberapa processor AMD saat ini dan sebelumnya mendukung modul 16GB ini dengan baik. Juga untuk pertama kalinya, cpu intel mendukung modul 16GB pada arsitektur Broadwell ini. Module 16GB ini sendiri sukses di ujicobakan pada thinkpad x250 yang menggunakan intel broadwell.

Berikut ditambahkan beberapa seri notebook yang di uji dan dinyatakan mendukung modul 16GB per keping.
  • Lenovo ThinkPad W550s (Core i7-5500U, Broadwell), 2x 16 GB
  • Lenovo ThinkPad E550 (Core i3-5005U, Broadwell), 2x 16 GB
  • AMD Kabini prototype (A4-5000), 2x 16 GB
Update terakhir, pihak Intel menyatakan bahwa Broadwell belum mendukung Memory Kapasitas 16GB / modul. Hal ini dinyatakan tak lama setelah produsen chip memory IM memperkenalkan modul memory 16GB mereka.

More info

Comments

Popular Posts