Maksimalkan SD-Card sebagai Virtual Memory Smartphone Android (Easy Mode)



Tak perlu disesali jika sedang tak memungkinkan untuk upgrade gadget smartphone kita dengan spesifikasi yang lebih baru. Karena kali ini, saya akan bagi-bagi sebuah tips yang dijamin membuat anda merasa makin sayang dengan gadget "zadul" anda. Tips kali ini adalah tentang memanfaatkan SD Card sebagai virtual memory agar gadget kita masih mampu bermulti tasking.


Sebenarnya sebelum ini, banyak aplikasi sejenis yang sudah beredar. Namun menurut saya, aplikasi ini benar-benar yang paling mudah (di luar mencari tahu bagaimana cara rooting gadget anda ya :)).
Langsung saja, mari kita mulai

Bahan-bahan :

1. Smartphone Android tentunya (dan harus sudah di root)
2. SD Card minimal 4GB, lebih baik 8GB ke atas dan berjenis class 10.
3. Aplikasi MemoryInfo & Swapfilecheck (tersedia di Google Play Store tapi tidak gratis ;))
4. Aplikasi Ram Expander (tersedia di Google Play Store)

Langkah-langkahnya :

1. Pastikan kembali gadget anda sudah dalam kondisi root. Bisa menggunakan aplikasi root check atau test langsung dengan aplikasi semacam Titanium backup.
2. Untuk berjaga-jaga, lakukan backup untuk SD Card bila perlu backup system anda.
3. Sebaiknya jalankan metode ini menggunakan SD Card yang masih kosong, dengan kata lain restore data SD Card yang tadi kita backup setelah Swap terbentuk.
4. Lalu download MemoryInfo & Swapfilecheck untuk memastikan gadget dan SD Card kita mendukung aplikasi Ram Expander ini.


5. Jalankan MemoryInfo & Swapfilecheck dan lakukan test dengan mengklik button di bagian paling bawah layar.

Tampilan awal RAMEXPANDER sebelum swapfile aktif.
6. Setelah aplikasi MemoryInfo & Swapfilecheck menyatakan OK, lanjut donwload aplikasi Ram Expander


7. Buka aplikasi Ram Expander, untuk step awal, sebaiknya anda ikuti pengaturan seperti yang tampak pada gambar. Jika nanti anda kurang atau ingin bereksplorasi lebih, misalkan saja mendedikasikan partisi secara manual silakan saja menggunakan pengaturan berbeda.


8. Perhatikan pada root SDCard anda, akan terdapat sebuah file yang "haram" anda hapus saat aplikasi ini sedang berjalan.

Nah, sekarang anda sudah memiliki ekstra RAM walaupun berbentuk virtual. Untuk mencoba keefektifan aplikasi ini, silakan instal beberapa aplikasi yang menurut anda membebani gadget anda sebelumnya seperti aplikasi social media dan lainnya.

Selamat mencoba

Comments

Popular Posts