7 Hal Yang Akan Buat Anda Menunda Upgrade ke Windows 10



2 Hari dari sekarang, windows 10 dijadwalkan akan bisa di download oleh user yang sudah menyatakan ikut serta dalam program Windows Insider. Saat ini mungkin kita bisa menolak, tapi seiring waktu, saat semua OS yang lebih tua di hentikan supportnya oleh Microsoft, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus ikut arus. Lalu apa saja hal-hal yang menajdi pertimbangan kita untuk tidak upgrade ke windows 10? Paling tidak untuk sementara waktu.


1. Hardware Tidak Mendukung


Hal ini sih alasan paling kuat, dari sisi kemampuan maksudnya. Untuk bisa menjalankan Windows 10, kita butuh PC atau tablet dengan CPU 1GHz atau yang lebih kencang, 1GB RAM untuk versi 32-bit atau 2GB untuk versi 64-bit, 16GB space HDD untuk versi 32-bit atau 20GB untuk versi 64-bit, GPU yang mendukung DX9 atau yang lebih baru dengan kompatibilitas WDDM 1.0 dan resolusi layar 800x600 atau di atasnya. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa lihat artikel kami sebelumnya tentang spesifikasi minimum Windows 10.

Solusinya, ya upgrade hardware kamu atau beli PC baru yang sudah ada Windows 10 nya.

2. Hanya Gratis 1 Tahun Saja


Pengguna Windows 7 dan Windows 8 original (kabarnya termasuk pengguna windows bajakan) akan mendapat kesempatan untuk merasakan Windows 10 full, tapi... hanya untuk satu tahun sejak di rilis besok 29 Juli. Jadi kira-kira, Bulan Juni 2016 tahun depan, kita-kita harus siap-siap "diputuskan" hubungannya secara sepihak. Info terbaru yang kita dapat, setelah masa satu tahun free tersebut, kita di wajibkan membeli. Gosip yang lebih baru, kita bisa langganan perbulan layaknya ngontrak rumah :D.
3. Anda Pengguna Windows 7 dan Masih Mencintainya


Windows 10 membawa dua perubahan yang tidak ditemukan di Windows 8, tapi malah sudah ada sejak Windows 7, yakni Start menu dan Single Desktop Workspace mode yang akan menghilangkan touch-focused Start screen.

Hal kedua adalah anda sudah terlanjur "cinta" pada fitur gadget pada windows 7. Prakiraan cuaca, calender dan Hardware Usage adalah gadget-gadget yang kami sukai selama menggunakan Windows 7 dan itu tak akan anda temui pada Windows 10, setidaknya pada edisi perdana besok.

Jadi bukan hal menarik lagi bukan, jadi sementara anda bisa tetap menggunakan Windows 7.

4. Support Windows 7 dan Windows 8 Masih Ada


Menghentikan support untuk versi lama Windows sudah jadi kerjaan favorit Microsoft, tentunya agar pengguna mau migrasi ke versi yang lebih baru. Untuk Windows 7 sendiri, kita masih akan mendapatkan patch hingga Januari 2020 dan untuk Windows 8 hingga Januari 2023. Bahkan Windows Vista masih mendapatkan patch hingga 2017. Jadi masih amanlah.

5. Anda Pengguna Aktif OneDrive Placeholder

Di Windows 8.1, terutama bagi anda pengguna Office, anda umumnya juga menggunakan OneDrive placeholders, atau biasa dikenal dengan smart files yang mirip-mirip dengan Gdrive. Karena yang perlu anda ingat, saat nanti Windows 10 edisi awal hadir, OneDrive placeholders tidak akan bekerja karena aplikasi ini isunya masih dalam pengembangan.

Microsoft menginfokan fitur OneDrive placeholder baru akan berfungsi 100% pada Windows 10 paling cepat akhir tahun ini. Jadi jika aplikasi OneDrive placeholders ini penting untuk anda, sebaiknya jangan upgrade dulu sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

6. Anda Pengguna Peripheral Tua.


Kalau yang ini sih termasuk masalah klasik juga. Ketika anda menggunakan komputer untuk mengoperasikan sebuah peripheral tua, seperti beberapa printer DOT matrix dan scanner yang bahkan penciptanya sendiri sudah menghentikan dukungan. Microsoft-pun tak akan bisa berbuat banyak, apalagi untuk hardware minoritas. Jadi, jika yang anda lebih membutuhkan peripheral lama anda dari pada window versi baru, sebaiknya bertahan saja dulu sampai ada secercah harapan tentang dukungan untuk peripheral lama anda di OS yang baru.

7. Anda Takut Jadi "Tumbal"

Bagaimanapun baiknya proses Beta Testing pada Windows baru kali ini, namanya buatan Manusia, pasti ada aja celah bugs-nya. Untuk hal-hal minor, mungkin tak perlu dipersoalkan. Tapi jika terjadi hal mayor seperti mengakibatkan anda kehilangan data, itu masalah lain. Apapun itu, jelas yang akan dirugikan pasti anda sebagai pengguna. Jadi jika anda punya pengalaman buruk saat menjadi kelinci percobaan, sebaiknya juga jangan lakukan update dulu

Sekali lagi, bagi anda yang memang tidak siap, kami dan segenap jajaran pecinta Windows 7, upss . . :shutup: menyarankan minimal anda menunggu minimal 6 bulan upgrade ke Windows 10 untuk lebih amannya.

Sumber

Comments

Popular Posts