GDDR3 VS GDDR5: Bandwith Lebih tinggi untuk Performa Lebih Maksimal



Dalam kasta GPU menengah, kehadiran dua pilihan versi VRAM, atau memory yang melayani chip grafis, seringkali membuat calon pengguna bingung. Perlu diketahui, sejak beberapa generasi, seri Geforce untuk kasta menengah dengan kode angka 5 di tengahnya, selalu hadir dalam dua varian. Misalkan GT650M dengan GDDR3 dan GT650M dengan GDDR5, begitupun seri-seri yang lebih baru.



Jika kita flashback sedikit, pilihan GPU dengan GDDR5 biasanya menawarkan kapasitas yang lebih kecil untuk VRam-nya dibanding versi GPU yang sama dengan GDDR3. Pada masa awal arsitektur Fermi, GPU dengan GDDR3 menawarkan kapasitas VRAM hingga 2GB, sedangkan versi GDDR5nya hanya menawarkan kapasitas VRAM 1GB. Dan perlu diketahui, walau hadir dengan kapasitas VRAM lebih kecil, GPU dengan GDDR5 dipastikan memiliki performa lebih cepat dibanding GPU dengan GDDR3 saat menjalankan inquiry pada resolusi layar yang sama.


Bahkan hingga GPU Nvidia terbaru saat ini, yakni Geforce GTX950M, hadir dalam pilihan GDDR5 dan GDDR3. Tapi tak tangggung-tanggung, seri terbaru GTX950M dengan GDDR5 menawarkan kapasitas VRAM yang sama besar dengan versi GDDR3-nya. Salah satu contoh adalah yang ditawarkan oleh MSI GE60-2QD Apache. Dengan performa GTX950M GDDR5 yang dibawanya, ia mampu mendekati performa gamming notebook lain yang membekal GTX960M dengan gap hanya 15%. Tentunya, dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Ok, sudah cukup faham sekarang?

Comments

  1. Intinya gimana nih ambil 950m gddr3 4gb atau 950m gddr5 2gb ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts